Jal Mahal, Istana Megah di India yang Tenggelam di Danau

Judul di atas sama sekali bukanlah kesalahan tulis, bukan Taj Mahal tapi memang benar bangunannya bernama "Jal Mahal". Sebagaimana dikenal dunia, bangunan indah yang identik dengan India tak lain adalah Taj Mahal. Namun selain Taj Mahal, ada lagi bangunan megah yang bernama Jal Mahal.

Adalah sebuah istana megah yang terletak di kota merah muda Jaipur, negara bagian Rajasthan, India. Disebut dengan Jal Mahal yang berarti istana air tentu bukan tanpa alasan. Bangunannya sebenarnya terdiri dari 5 lantai namun dikelilingi oleh danau. Saat danau tersebut pasang, istana akan tenggelam dan hanya lantai paling atas saja yang terlihat. Demikian seperti dilansir laman Amusing Planet


Jal Mahal dibangun oleh Maharaja Madho Singh di abad ke-18 sebagai tempat pesta perburuan bebek. Istana ini memiliki perpaduan gaya arsitektur yang berbeda, seperti Rajput dan Mughal, yang sebenarnya sangat umum di Rajasthan. Arsitektur Rajput sebagian besar terinspirasi oleh arsitektur Hindu tradisional, sementara arsitektur Mughal sangat dipengaruhi oleh gaya arsitektur Islam dan Persia.


Danau yang mengelilinginya bernama danau Man Sagar. Danau tersebut merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 1610 oleh Raja Man Singh, guna mengatasi kelaparan dan kekurangan air yang melanda negara itu pada akhir abad sebelumnya. Selama beberapa dekade, danau disediakan bagi penduduk daerah untuk keperluan minuman dan irigasi.

 Source: Amusing Planet

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jal Mahal, Istana Megah di India yang Tenggelam di Danau"

Posting Komentar