Unik, Ada Toilet Terbuat dari Emas Murni yang Dibuka untuk Umum

Anda pasti geleng-geleng kepala dan nyaris tak percaya melihat judul di atas. Bagaimana tidak, obsesi terhadap kemewahan yang dimiliki manusia kadang tidak masuk akal. Kemewahan ternyata juga menyentuh hingga tempat yang tak pernah kita duga sekalipun. Salah satunya adalah tempat berikut ini, yakni toilet yang terbuat dari emas.

Dibuat oleh salah satu seniman Italia bernama Maurizio Cattelan. Cattelan mendesain toilet dari emas murni untuk perusahaan Kohler, dan membuatnya untuk salah satu instalasi permanen di Guggenheim Museum di Kota New York.

Toilet ini dibuka untuk umum serta boleh digunakan untuk membuang hajat oleh pengunjung museum yang kebelet atau sekedar penasaran.

Menurut si perancang, toilet emas ini tak sekedar karya seni yang indah, namun baru benar-benar sukses jika sudah selesai digunakan.
 
Maurizio Cattelan memberi judul karya seninya itu ‘Amerika’ dengan interpretasi bebas. Artinya Anda boleh menterjemahkan sesuai keinginan Anda sendiri. Namun media setempat ada yang menyebut maknanya adalah ‘pendewaan yang tak masuk akal terhadap kekayaan’.

Menurut pihak berwenang, antrian panjang pengunjung yang hendak memakai toilet emas itu selalu terjadi setiap hari. Tentu selalu disiapkan petugas yang menjaga, sekaligus mencegah terjadinya pencurian.

Bagaimana pun, toilet emas ini memang menarik karena ia akan selalu berkilau, terutama usai disiram.

Source: Sidomi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unik, Ada Toilet Terbuat dari Emas Murni yang Dibuka untuk Umum"

Posting Komentar