Danau Berpulau Aneh, Pulau Sempit yang Berbentuk Garis-garis Lurus Memanjang

Banyak spot-spot perairan mengagumkan di Belanda. Negeri kincir angin itu memang ahlinya dalam hal-hal tentang perairan. Mulai pengeloaan sungai, kanal, proyek reklamasi, dan semuanya soal perairan. Salah satu hal hebat yang dimiliki Belanda adalah Danau Loosdrecht.

Danau yang di dalamnya terdapat pulau-pulau unik yang sempit dan memanjang seperti garis-garis lurus.

Danau Loosdrecht adalah sistem danau yang dangkal dan saling berhubungan di Belanda yang terletak di provinsi Utrecht, selatan Amsterdam. 

Pada abad pertengahan, wilayah ini merupakan rawa gambut besar yang terlalu lembek untuk dijadikan lahan pertanian. Beberapa upaya pengeringan rawa dilakukan, tetapi pada abad ke-17, rencana lahan untuk pertanian ditinggalkan dan rawa ditambang sebagai gantinya.
Gambut terdiri dari vegetasi yang sebagian terdiri dari bahan organik yang bisa membusuk dan merupakan sumber bahan bakar yang sangat baik. Pemanenan gambut di Loosdrecht dimulai pada 1630-an. Gambut dikeruk dari bawah permukaan air dan dibiarkan kering di tepi yang berdekatan.
Dengan cara ini terbentuk area dengan potongan panjang dan tepian, khas dalam penambangan gambut. Ketika penambangan gambut terus berlanjut, setiap tepian menjadi menyempit dan aktivitas alami angin dan ombak berikutnya mengikis tepian.

Penggalian gambut meninggalkan potongan seperti parit panjang lebih dalam dan lebih dalam sampai dibanjiri oleh air tanah menciptakan pulau-pulau sempit ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danau Berpulau Aneh, Pulau Sempit yang Berbentuk Garis-garis Lurus Memanjang"

Posting Komentar