Ada Berapa Jenis Pohon yang Menghuni Indonesia? Pergilah ke Bogor, Anda Akan Tahu Jawabannya

Image source: hipwee.com
Jika ingin tahu tentang berapa jenis pepohonan yang menghuni bumi Nusantara maka tak perlu repot-repot menghitungnya. Pergilah ke kota Bogor maka Anda akan tahu langsung jawabannya.

Bagaimana bisa, ada apa di Bogor?


Ketahuilah, Indonesia tak hanya memilki perpustakaan buku tapi juga memiliki  perpustakaan kayu yang terletak di Bogor atau juga disebut Xylarium Bogoriense. Hebatnya, perpustakaan kayu yang berada di kota hujan itu menduduki peringkat nomor satu dunia dengan koleksi spesimen terbanyak. Pada September 2018, terdata disana mencapai 192.395 spesimen kayu dari pepohonan di seluruh Indonesia.


Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengelola perpustakaan yang menyimpan ribuan spesimen kayu dari seluruh Indonesia.



Image source: klikhijau.com
Pada akhir September 2018, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menandatangani prasasti deklarasi Xylarium Bogoriense di Yogyakarta. ”Sebuah prestasi yang patut kita syukuri bersama, dan sebagai bukti nyata bahwa Indonesia mampu berkiprah pada tataran internasional dalam bidang pengelolaan keragamanan sumberdaya hayati,” katanya dalam keterangan kepada media.


Image source: kabar24.bisnis.com
Sejak 1914, Xylarium Bogoriense pertama kali didirikan oleh pemerintah Belanda. Perpustakaan ini satu dari 184 xylarium di dunia yang ada di 60 negara. Sejak 1975, perpustakaan ini telah tercatat dalam Index Xylariorum, Institutional Wood Collection yang dikelola International Association of Wood Anatomists (IAWA). Demikian dikutip dari laman Good News From Indonesia.

Pencapaian jumlah koleksi spesimen kayu yang terus meningkat itu tak lepas peran dari berbagai pihak, seperti Kemenristekdikti, LIPI, perguruan tinggi, industri perkayuan, pemerintah provinsi, lembaga swadaya masyarakat dan pengelola kesatuan pemangku hutan turut serta menambah koleksi.



Image source: agroindonesia.co.id
Image source: goodnewsfromindonesia.id
Baca juga:
Mengagumkan, Kemiringan Gedung Pencakar Langit ini Empat Kali Lebih Miring dari Menara Pisa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Berapa Jenis Pohon yang Menghuni Indonesia? Pergilah ke Bogor, Anda Akan Tahu Jawabannya"

Posting Komentar