Mengagumkan, Bonsai Berusia 391 Tahun yang Selamat dari Bom Atom Hiroshima

Pohon bonsai selama ini memang dikenal sebagai tanaman kerdil yang memiliki umur panjang. Tak heran jika sebuah pohon mampu bertahan hidup selama ratusan bahkan ribuan tahun.

Namun ada sebuah keistimewaan yang dimiliki pohon bonsai yang ditanam pada 1625 ini. Meski bukan menjadi bonsai tertua, namun tanaman milik keluarga Yamaki ini memiliki kisah sejarah yang hebat bagi warga Jepang.

Bonsai yang usianya yang ke 391 tahun ini berhasil selamat dari serangan bom atom Hiroshima. Pohon berbentuk unik ini selamat bersama seluruh keluarga Yamaki meskipun lokasinya hanya berjarak dua mil dari bom dijatuhkan.

Tentunya hal itu sangatlah mengejutkan. Pasalnya pohon dan keluarga Yamaki sanggup bertahan dari bom milik tentara Amerika yang telah membunuh sekitar 140 ribu orang tersebut. Dampak nuklir pun tak nampak dari pohon yang masih terus tumbuh subur ini.

Dengan keistimewaannya, bonsai itu dikirim ke National Arboretum, Washington, D.C, Amerika oleh Masaru Yamaki pada 1976. Sayangnya, staf Arboretum tak memahami keistimewaan pohon ini. Hingga 2001 lalu penerus keluarga Yamaki menjelaskannya secara langsung mengenai hubungan Bonsai dengan bom Hiroshima. 
Source: Wow Keren

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengagumkan, Bonsai Berusia 391 Tahun yang Selamat dari Bom Atom Hiroshima"

Posting Komentar