Baru Tau, Ternyata Ada Masyarakat Indonesia yang Bermata Biru Alami

Seperti yang kita ketahui, penduduk Indonesia pada umumnya berkulit sawo matang dan bermata kecoklatan atau hitam. Namun tahukah Anda, ternyata di antara sekian banyak penduduk Indonesia terdapat masyarakat yang sungguh unik dan menarik. 

Bisa dibilang mirip dengan bule, masyarakat Indonesia yang satu ini mereka justru memiliki kulit putih, mata berwarna biru serta rambut pirang alami.

Berasal dari manakah mereka, penasaran?

Mereka dapat Anda jumpai di daerah Lamno, Nanggroe Aceh Darussalam. Tepatnya di Lamno, Aceh Jaya. Lokasi Lamno sendiri memang tak jauh dari pesisir barat Aceh.

Sebagaimana masyarakat Aceh pada umumnya, mereka memeluk agama Islam. Adat istiadatnya pun sama. Hanya dialek yang sedikit berbeda, yaitu menggunakan dialek Bahasa Daya. Oleh masyarakat setempat, orang bermata biru ini akrab disebut Bulek Lamno.



Ada beberapa versi tentang asal muasal Bulek Lamno. Yang pasti, mereka merupakan keturunan Portugis di masa lampau.

Penampakan mata biru dan rambut pirang tersebut bukanlah sulap dan bukan juga sihir. Pada zaman dahulu kala, sebelum Belanda menjajah, Indonesia sudah terlebih dahulu didatangi dan dijajah oleh Portugis. Kedatangan bangsa tersebut pada awalnya untuk keperluan berdagang dan mencari rempah-rempah.



Sementara itu, posisi Aceh cukup strategis secara geografis. Aceh diapit oleh Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Tidak mengherankan pelabuhan Aceh di masa itu begitu ramai. Pertemuan manusia dan budaya yang berbeda pastilah sangat tinggi. Dari situlah, dimungkinkan adanya pernikahan antarkultur antara penduduk Aceh dan orang Portugis.

Yang istimewa, tidak semua masyarakat Lamno di wilayah itu memiliki postur kebulean. Badan tinggi, hidung mancung, rambut pirang, kulit putih, dan mata biru hanya dimiliki oleh penduduk asli Daya keturunan Portugis.



Desa-desa yang menjadi basis keturunan Portugis penduduknya ada di desa Ujong Muloh, Kuala Daya, Gle Jong, Teumareum dan Lambeso. Hampir semua perempuan dan laki-laki di desa tersebut, memiliki kulit putih, rambut pirang, dan hidung mancung. Khusus pria, ia akan memiliki bulu tangan dan dada yang tebal.



Source: idntimes

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baru Tau, Ternyata Ada Masyarakat Indonesia yang Bermata Biru Alami"

Posting Komentar