Waspadai Gelombang Tinggi pada 20-26 Juni di Beberapa Perairan Ini


JAKARTA, KOMPAS.Com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengimbau masyarakat dan kapal yang melintas dalam aktivitas penyeberangan untuk tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia. Hal ini disampaikan BMKG melalui akun resmi Twitter-nya, @infoBMKG. Potensi gelombang tinggi diperkirakan terjadi 20-26 Juni 2018. Peningkatan kecepatan angin timuran hingga 46 km/jam menyebabkan pertumbuhan gelombang tinggi ini. Potensi gelombang tinggi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia, khususnya Laut Jawa bagian timur, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, Laut Arafuru, dan beberapa periaran yang berhadapan dengan laut lepas seperti perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur. Tinggi gelombang dari 1.25-four.0 meter Tinggi gelombang bervariasi, dari 1.25-2.Five meter dan 2.Five-four.Zero meter. Penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakaheuni dan penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk diprakirakan masih relatif aman dengan ketinggian gelombang berkisar antara 0.25-0.75 meter. Jalur penyeberangan Gresik ke Pulau Bawean dan Pulau Sabang ke Banda Aceh perlu diwaspadai, karena gelombang dapat mencapai ketinggian 2.Zero-2.Five meter. Berikut beberapa wilayah di Perairan Indonesia yang memiliki potensi gelombang tinggi: Tinggi gelombang 1.25-2.Five meter:
1. Selat Malaka bagian utara
2. Perairan barat Aceh
3. Perairan barat Pulau Simeuleu hingga Kepulauan Mentawai
 4. Perairan Enggano-Bengkulu
5. Perairan selatan Pulau Sawu-Pulau Rote-Kupang
6. Selat Sumba
7. Selat Ombai eight.
Selat Sape bagian selatan nine.
 Laut Sawu
10. Laut Timor
11. Laut Jawa bagian barat dan tengah
12. Perairan utara Jawa Timur hingga Kepulauan Kangean
13. Laut Flores
 14. Perairan timur Sulawesi Tenggara
15. Perairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar
16. Perairan Kepulauan Kai dan Kepulauan Aru
17. Perairan selatan Ambon
18. Laut Arafuru bagian timur Tinggi gelombang
2.Five-4.Zero meter:
 1. Perairan Sabang
 2. Perairan barat Lampung three. Selat Sunda bagian selatan four. Laut Jawa bagian timur five. Selat Makassar bagian selatan
6. Perairan selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumba
 7. Selat Bali bagian selatan eight. Selat Lombok bagian selatan nine. Selat Alas bagian selatan
10. Laut Banda
11. Laut Arafuru bagian tengah dan barat BMKG juga menyediakan fasilitas untuk masyarakat yang ingin memperoleh informasi cuaca selama arus balik lebaran melalui jalur laut. Masyarakat dapat menguhubungi BMKG terdekat untuk memperoleh informasi ini. Selain itu, informasi ini dapat diakses 24 jam melalui beberapa cara, yaitu:
1. Call center (021-6546315/021-6546318) 2. Web resmi maritim. Bmkg/pass.Id 3. Akun Twitter @infoBMKG 4. Aplikasi cellular "Info BMKG" yang dapat didownload di App Store atau Play Store.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Gelombang Tinggi pada 20-26 Juni di Beberapa Perairan Ini"

Posting Komentar