Ada Tapi Tak Ada, Inilah Negara Misterius Transnistria

Bicara soal negara, hingga saat ini menurut PBB, ada sekitar 195 negara di dunia. Masih menurut PBB, negara yang berdaulat adalah sebuah wilayah yang memiliki perbatasan dan pemerintahan independen.

Dalam keanggotaan PBB ada 193 negara berdaulat, sedangkan dua sisanya didefinisikasn sebagai 'negara' saja, yakni Vatikan dan Palestina yang mana diklasifikasikan sebagai UN Observer States atau negara dalam pengamatan PBB.

Namun jumlah negara tersebut sebenarnya belum mencakup semua negara yang benar-benar ada di dunia ini. Salah satunya adalah "Transnistria".

Adalah sebuah negara pecahan Uni Soviet yang berdiri pada tahun 1992, dua tahun paska Soviet bubar. Transnistria mempunyai presiden dan pemerintahan sendiri dan juga mata uang sendiri, akan tetapi tetap tidak diakui oleh negara-negara lainnya.



Munculnya negara tersebut bermula saat Soviet bubar, ada negara baru bernama Moldova yang berniat untuk bergabung dengan negara tetangganya, Rumania.

Namun rencana tersebut ditentang oleh sekelompok warga Moldova yang tinggal di dekat Sungai Dniester, kelompok warga ini bahkan malah mendeklarasikan kemerdekaannya sendiri. Aksi tersebut memicu Perang Transnistrian yang berlangsung selama empat bulan pada tahun 1992 sebelum akhirnya berakhir dengan gencatan senjata.



Salah satu hasil gencatan senjata tersebut adalah negara yang lebih besar (Moldova) memutuskan untuk memberikan secuil “kemerdekaan” bagi para pemberontak tersebut, tapi tetap tak akan mengakui kemerdekaan mereka secara sah. Dengan kata lain, Transnistria bukan bukan negara yang sah, tapi tak ada negara lain yang bakal ngerecokin mereka.

Sebagai negara pecahan Soviet, wajar kalau akhirnya hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan bekas negara komunis tersebut. Bahkan, patung dan foto Josef Stalin masih banyak bertebaran di Transnistria.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Tapi Tak Ada, Inilah Negara Misterius Transnistria"

Posting Komentar